Senin, 05 September 2011

Perangkat keras komputer (hardware)

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya.
PC pada umumnya terdiri dari:

-Motherboard yaitu tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC, komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
-RAM yaitu tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses harddisk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC


-ROM (Read Only Memory) untuk medium penyimpanan data pada komputer. Ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.

-CPU (Central Processing Unit) perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Bagian utama komputer.






-Power Supply perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.




-Penyimpanan komputer
   CD : CD-ROM
            CD-RW
            CD-R

  DVD : DVD-ROM
              DVD-RW
              DVD-R

  Floppy disk

  Modem, media penyambung ke koneksi internet

  Kartu Network, untuk internet DSL/kabel, atau menghubungkan ke komputer lain


-Harddisk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis


Hardware input > keyboard
                            mouse
                            trackball
                            joystick 
                            scanner
                            webcam, dll

Hardware output > printer
                              speaker
                              monitor, dll

Hardware Networking > modem
                                      kartu network, dll

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar